Inilah 5 Daftar Universitas Terbaik di Banjarmasin – Berikut menjadi rekomendasi alternatif mahasiswa yang mencari dan memilih tempat kuliah di Banjarmasin. Di daerah Banjarmasin, terdapat banyak universitas dengan beragam program studi yang pas untuk Anda. Berikut sebagai 5 Universitas┬áterbaik di Banjarmasin pilihan populer calon mahasiswa yang ingin meneruskan perkuliahan yang sudah kampungkreasi.com rangkum.

1. Universitas Lambung Mangkurat

Universitas Lambung Mangkurat merupakan universitas tertua di Kalimantan yang berdiri pada tanggal 21 September 1958, dan diresmikan 1 November 1960.

Universitas ini dikenal juga dengan UNLAM namun sekarang diubah singkatannya menjadi ULM. Universitas Lambung Mangkurat mempunyai 2 lokasi kampus yang berbeda, kampus utama berlokasi di Jalan Brigjen H Hasan Basri, Pangeran, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Fakultas yang ada di kampus utama ini adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta ada beberapa program Pascasarjana. Selain itu terdapat Kampus yang berlokasi di Jalan Veteran Banjarmasin yaitu Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

Baca Juga : Inilah 8 Daftar Universitas Terbaik di Kota Pekanbaru

Kampus kedua berlokasi di Jalan Jenderal Achmad Yani Km. 35,5 Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kampus kedua terdiri dari Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Kehutanan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kelautan dan Perikanan, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

2. Politeknik Negeri Banjarmasin

Politeknik Negeri Banjarmasin atau biasa disingkat POLIBAN merupakan perguruan tinggi dengan basis politeknik yang ada di Banjarmasin. Politeknik ini masih berada di dekat area Universitas Lambung Mangkurat yang berlokasi di Jalan Brigjen Jenderal Hasan Basri, Pangeran, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Politeknik Negeri Banjarmasin memiliki 5 jurusan yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Akuntansi, dan Administrasi Bisnis, dengan 13 program studi. Jenjang D-4 memiliki 2 program studi, dan D3 memiliki 11 program studi.

3. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banjarmasin

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banjarmasin atau biasa disingkat STIE Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia Non-Politeknik menurut Kemenristekdikti pada tahun 2017.

Masih di dekat area Universitas Lambung Mangkurat, STIE Indonesia berlokasi di Jalan Brigjen Jenderal Hasan Basri, Pangeran, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. STIE Indonesia Banjarmasin memiliki tiga program studi, yaitu S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan S2 Magister Manajemen.

4. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Universitas yang ada di Banjarmasin lainnya yaitu Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin atau biasa disingkat UNISKA merupakan perguruan tinggi swasta tertua dan terbesar di Kalimantan Selatan yang berdiri sejak 1961.

Saat ini Uniska memiliki sembilan fakultas, yang terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Studi Islam, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi Informasi, dan Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik dengan 20 program studi sarjana, dan 4 program studi magister. UNISKA berlokasi di Jalan Adhyaksa, Kayu Tangi 1 Jalur 2 No.2, Sungai Miai, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

5. Universitas Islam Negeri Pangeran Antasari Banjarmasin

Universitas Islam Negeri Pangeran Antasari Banjarmasin atau biasa disingkat dengan UIN Antasari Banjarmasin ini berdiri sejak 20 November 1964. UIN Antasari Banjarmasin berlokasi di Jalan A. Yani No.Km.4,5, RW.5, Kebun Bunga, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Nama Antasari adalah pahlawan Banjar yaitu Pangeran Antasari. Saat ini UIN Antasari Banjarmasin mempunyai 5 fakultas yaitu Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan 1 Pascasarjana.